Selasa, 06 Juni 2017

Heboh!!! Setelah suku Mante , kini  Penumuan fosil Manusia Hobbit di Indonesia yang membuat dunia penasaran

Heboh!!! Setelah suku Mante , kini Penumuan fosil Manusia Hobbit di Indonesia yang membuat dunia penasaran


Indonesia memiliki banyak misteri yang belum terungkap kebenarannya dan sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengungkap sisi misterius yang dimiliki Indonesia ini. Tapi hanya beberapa di antaranya saja yang akhir bisa terkuak atau terjawab.
Mulai dari jejak peradaban Atlantis yang diperkirakan ada di wilayah Indonesia sampai sebuah bukit batuan basald di daerah Cianjur, Jawa Barat, yang diduga sebuah piramida yang usianya lebih tua daripada Piramida di Mesir.
Pertanyaan yang belum ada jawaban ini bukan hanya meninggalkan penasaran untuk penduduk indonesia saja, tapi juga penduduk di dunia. Nah berikut adalah beberapa


Pada tahun 2003, peneliti Indonesia dan Australia yang melakukan ekskavasi di gua batu kapur Liang Bua menemukan fosil tenggorak manusia kecil. Walaupun kecil, tapi tenggorak tersebut mempunyai susunan gigi orang dewasa.
Tulang yang sudah membatu ini diyakini berumur 180 ribu tahun. Mike Morwood dari University of Wollongong mengatakan tengkorak ini bukanlah anak kecil tapi sosok dewasa bertubuh mini, salah satu hominid atau manusia terkecil.
Fosil lainnya juga ditemukan di ekskavasi dan di identifikasi sebagai species hominid yang disebut Homo Floresiensis. Sejak penemuan tersebut, para peneliti berusaha menguak misteri asal usulnya.
Pada tahun 2010, para ilmuwan berhasil mengungkapkan, peralatan batu yang ditemukan di Flores menunjukan bahwa nenek moyang manusia mini tersebut tinggal di daerah itu sekitar 1 juta tahun yang lalu.
Sempat juga diduga nenek moyang manusia mini tersebut adalah Homo Erectus yang langsung menimbulkan perdepatan sengit tentang masalah dalam rantai evolusi manusia.
Seperti yang kita ketahui fosil Homo Erectus di temukan di Sangiran, Begawan Solo di Jawa Tengah pada abad ke 19 yang diperkirakan berusia 1.5 tahun yang lalu.
Belakangan juga, seperti dikutip dari LiveScience, para ahli berhasil menemukan peralatan dari batu yang diyakini berasal dari masa 118 ribu – 194 ribu tahun lalu. Peralatan ini diperkirakan milik kerabat misterius manusia. Tapi, bukan Homo erectus atau Homo floresiensis. Keduanya berbeda, kemungkinan nenek moyang manusia hobbit.
“Mungkin ada spesies hominid yang sama sekali berbeda di Sulawesi sebelum manusia modern datang menggunakan perahu sekitar 50 ribu tahun lalu,” kata pemimpin studi, Gerrit van den Bergh, dari University of Wollongong, Australia, seperti dimuat LiveScience 13 Januari 2016.


 Sumber : http://wowasiknya.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Heboh!!! Setelah suku Mante , kini Penumuan fosil Manusia Hobbit di Indonesia yang membuat dunia penasaran
4/ 5
Oleh